TUTORIAL POHON KREATIF

Segala artikel dan tutorial tentang web design, bisnis online, dan dunia freelancing!
Istana Maimun Bukti Sejarah Kejayaan Islam di Medan

Istana Maimun Bukti Sejarah Kejayaan Islam di Medan

Siapa yang belum pernah ke Istana Maimun? Banyaakkkk..hehe Kalo klen gak pernah dengar Istana Maimun mungkin pernah dengar cerita putri Hijau, atau Sejarah Meriam Puntung. Semua itu adalah cerita tentang Istana Maimun. Gak ada salahnya mampir kesini kalau lagi ada di Medan.

Istana ini konon adalah bukti sejarah dari keberadaan Kerajaan sultan Deli pada abad ke-19. Berdiri di Kota Medan (Ibu kota sumatera utara) dan dibangun oleh Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah, Putra sulung nya Sultan Mahmud Perkasa Alam, pada tanggal 25 agustus 1888 M.

Interior Istana Maimun

Hal yang menjadikan tempat ini istimewa selain perjalanan sejarahnya adalah gaya arsitektur melayu nya. Bukti nyata dari kerajaan melayu ini dapat dilihat dari warna istana yang dimayoritasi warna kuning. Warna kebesaran melayu.

Disaat pertama kali berkunjung yang saya rasakan adalah decak kagum hasil karya arsitek yang patut diacungkan jempol. Desain interior istana maimun menyatupadukan warisan unsur-unsur kebudayaan melayu dengan budaya islam, Spanyol, India dan Italia.

Foto tersebut adalah penampakan interior istana maimun di medan. Saat ini Istana Maimun terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung. Kalian sudah bebas ingin kepo lebih dalam lagi tentang Istana Maimun. Di dalam nya juga ada pemandu dan penjaga yang bisa kalian tanya-tanya lebih lanjut tentang awal mula sejarah tentang kerjaan sultan deli.

interior istana maimun

Tapi jangan lupa bayar dulu sob sebelum masuk kedalam Istana ini ya…hehe. Gak mahal kok untuk bisa menikmati kerajaan seluas 2.772 meter persegi ini kalian cukup bayar Goceng aja (Rp. 5.000).

Cuma mau kasih info saja buat kalian yang mau mengadakan Medan Tour, Bisa menghubungi spesialis Lake Toba Package by Toba Transporter ya guys…

Wisata Sejarah Terbaik Di Medan

Udah dari 1946 Istana Maimun dihuni oleh para ahli waris kesultanan, bahkan kawanku juga ada yang keturunan sultan deli juga loh sob, hehe tapi dia gak tinggal di Istana, cuma kadang-kadang memang ada semacam pertemuan tahunan, biasanya setahun ada dua kali pertemuan yang itu digunakan untuk bersilaturahmi antar keluarga besar istana, dilanjutkan dengan acara adat kerajaan deli.

Hal yang sampai sekarang masih rutin dikerjakan itu sob rawatib adat namanya, kalo di masyarakat kita kayak wirit malam jumat, ini hanya untuk keluarga kesultanan aja, kalo mau nyempil ikutan gak boleh sob,hehe.

interior istana maimun medan

Kini setiap harinya ada live musik di istana maimun, musik akordian melayu lengkap dengan alat musik dan baju adat melayu yang digunakan, Kalo klen kesini betul-betul terasa lah suasana melayu nya. Jam untuk live musiknya pun terbatas cuma mulai jam 11.00 sampe zuhur aja, terus berenti untuk sholat zuhur dan mulai lagi sampe jam 15.00.

Kalo klen datang ke istana maimun ada banyak yang bisa di tengok, selain foto-foto juga ada peninggalan barang-barang jaman dahulu. Yang biasa nya tak ketinggalan untuk dijadikan objek berfoto adalah Meriam Puntung.

Kalo klen pernah baca cerita tentang sejarah Meriam Puntung dan Putri Hijau, Ini semacam kisah asmara antara Raja Aceh dan Putri Hijau dari Istana Maimun melibihi cerita Romeo dan Juliet loh. Sampe sekarang pun Meriam puntung ini masih mendapat perawatan khusus, artinya masih ada ritual kerajaan yang dilakukan di waktu-waktu tertentu.

Wisata Murah Di Kota Medan

Dengan harga segitu kalian bisa ngapain saja lingkungan Istana asal gak ngecamp aja sob, pasti diusir sama petugas istana. Tapi jangan lama-lama ya sob di dalam istana ini. Jangan kelamaan juga terharunya nanti gak bisa move on.

Karena masih banyak lagi yang bisa kalian singgahi selama ada di medan. Kalau bisa sekali dayung dua tiga pulau terlampaui kenapa harus mengunjungi satu saja, ya kan?

istana maimun

Untuk bisa sampai ke tempat yang amazing ini kalian kudu bangun pagi sob, biar bisa ngerasain sedapnya udara medan di pagi hari sebelum dipenuhi para pengendara yang siap-siap lalu lalang. Dan karena waktu yang tepat untuk berkunjung kesini juga di pagi hari, sekitar jam 9-10 pagi jadwal buka istana. Jangan datang malam ya.

Kalau sampai di medan nya malam kalian bisa nginap dulu di tempat penginapan murah di medan. Ada banyak referensi untuk kalian yang ingin backpackeran ke medan. Kalau mau lebih murah lagi nginep di rumah sodara sob, atau kalau punya temen mahasiswa di medan numpang kosan nya dah. hehe.

Kalau kalian mendarat di Kuala Namu pastikan kalian sampai ke kota medan. Bisa menggunakan bus damri atau kereta api bandara – stasiun medan. Setelah sampai di medan kalian tak perlu bingung lagi karena ada banyak kendaraan yang siap mengantar kalian ke tempat bersejarah ini. Dari stasiun kalian bisa naik angkot MR.X warna putih, nanti turun di depan Masjid Raya Medan.

wisata medan

Kebetulan lokasi Istana Maimun dengan Masjid Raya Medan berdekatan, jadi kalian bisa jalan kaki sambil lihat ke kanan ke kiri sudut-sudut kota medan yang friendly.

Akses menuju Istana Maimun

Biar gak garing di jalanan coba lihat di sekililing ada jual rujak gak, kalau ada beli lah untuk menemani perjalanan sampai ke istana maimun. Kalau mau naik bus damri nanti bisa berhenti di terminal amplas. Dari amplas kalian bisa naik angkot 64 warna kuning jurusan pinang baris. Nanti langsung berhenti di depan Istana maimun Jl. Brigjen Katamso. Untuk ongkos angkot dari stasiun dan amplas sama yakni Rp.4.000.

Anggap saja kalian sudah pernah ke Istana Maimun jadi pede saja bakalan sampai, tak perlu lagi celingak celinguk seakan-akan baru pertama kali ke Istana Maimun (Meskipun aslinya begitu hehe). Sesampainya kalian di Istana maimun niatkan lah bukan hanya untuk selfie semata, akan tetapi untuk belajar sambil berwisata ria. Dengan demikian akan banyak pelajaran dan makna yang di dapat dari kerajaan sultan Deli.

Pin It on Pinterest