TUTORIAL POHON KREATIF

Segala artikel dan tutorial tentang web design, bisnis online, dan dunia freelancing!
Menyewa Web Designer Atau Memakai Web Builder?

Menyewa Web Designer Atau Memakai Web Builder?

Menyewa web designer atau menggunakan web builder? – Menggunakan web builder dalam membuat website memang sangat mudah. Karena web builder bagaikan tools ajaib untuk membuat website tanpa harus membayar seorang web designer. Apa yang tadinya di luar jangkauan anda dalam membuat sebuah website, kini hanya dengan sedikit usaha anda dapat membuat website sendiri. Tanpa harus dipusingkan dengan kode-kode seperti php, html, css, JavaScript, dan lain-lain.

Tetapi dibalik semua kemudahan di atas, ada banyak hal yang tidak dapat dilakukan oleh web builder seperti apa yang bisa dilakukan oleh web designer. Beberapa informasi di bawah ini mungkin akan dapat membantu anda dalam memutuskan. Apakah anda akan menggunakan web builder, atau anda akan menyewa seorang web designer untuk membuat website perusahaan atau usaha anda.

Pembangun website (web builder) banyak beredar sekarang ini, seperti: Wix, IMCreator, Weebly, Jigsy dan masih banyak lagi. Mereka menawarkan berbagai kemudahan dalam membuat website, semua dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing. Anda dapat dengan mudah membangun sebuah website dengan modal hanya drag & drop. Bahkan tanpa keahlian dalam hal photoshop maupun koding (pengkodean).

Selengkapnya →

15 Kode Snippets .htaccess Yang Berguna Untuk WordPress

15 Kode Snippets .htaccess Yang Berguna Untuk WordPress

WordPress adalah platform website berbasis CMS (Content Management System) yang saat ini paling populer dan digemari untuk membuat sebuah website. Baik oleh developer website sendiri ataupun oleh user/pengguna. Hal ini dikarenakan wordpress mempunyai fitur-fitur yang fleksibel dan dapat dengan mudah di custom, baik secara tampilan maupun fungsinya.

.htaccess adalah file text sederhana dalam format ASCII yang terdapat pada server sebuah website. Biasanya terletak pada root directory pada sebuah file manager website, meskipun sebenarnya bisa ditempatkan atau ditaruh di folder atau direktori mana pun. Pada umumnya kita dapat menggunakan file .htaccess untuk merubah satu atau beberapa konfigurasi atau pengaturan pada server web apache.

File .htaccess seharusnya mempunyai permission attribute dengan setting 644 (rw-r-r), hal ini bertujuan agar server dapat mengakses file .htaccess, tapi mencegah user untuk mengakses file .htaccess dari browser mereka.

Fungsi File .htaccess

Ada beberapa fungsi yang dapat dilakukan dengan file .htaccess, antara lain:

Selengkapnya →

Cara Menghilangkan WordPress Version Yang Benar

Cara Menghilangkan WordPress Version Yang Benar

Cara Menghilangkan WordPress Version Yang Benar dan menyeluruh itu bagaimana sih? Banyak diantara teman dan klien kami bertanya seperti itu. Secara default wordpress meninggalkan kode footprint pada website anda untuk tujuan tracking. WordPress saat ini menjadi platform CMS terbesar untuk urusan web / blog.

Namun tahukah anda bahwa kode footprint mungkin bisa saja menjadi celah keamanan website anda dari incaran para hacker. Apalagi jika anda tidak secara berkala mengupdate website anda dengan versi terbaru wordpress. Karena dengan kode tersebut anda memberikan informasi yang berguna bagi para hacker, dengan menampilkan versi berapa wordpress yang sedang anda gunakan saat ini.

Kami selalu menyarankan anda untuk selalu mengupdate wordpress anda dengan versi yang terbagru. Jika anda menggunakan WordPress dengan versi yang terbaru, Anda mungkin tidak perlu khawatir dengan hal ini. Namun jika anda anda tidak menggunakan wordpress dengan versi yang terbaru (mungkin karena alasan kompatibilitas dengan theme atau karena hal lainnya), maka tutorial dari kami ini akan sangat berguna bagi anda bagaimana Cara Menghilangkan WordPress Version yang benar.

Selengkapnya →

30+ Contoh Design Logo Vintage Untuk Logo Perusahaan Anda

30+ Contoh Design Logo Vintage Untuk Logo Perusahaan Anda

Contoh Design Logo Vintage Untuk Logo Perusahaan – Tren atau gaya selalu berganti dalam segala hal. Tidak luput juga dalam hal gaya design logo. Setelah gaya design logo eco (back to nature) di mana banyak perusahaan atau organisasi menyematkan simbol daun (leaf shape) pada logo perusahaan nya, kini justeru gaya design logo kembali ke gaya masa lalu.

Ya, Vintage Logo atau sebagian ada yang menyebutnya retro logo design. Mendengar kata vintage pikiran kita akan langsung memikirkan seuatu tentang hal yang kuno, lawas, atau tempo dulu. Tidak salah memang, karena vintage sendiri sangat erat kaitannya dengan retro, yang dalam bahasa yunani berarti “lawas”.

Tren logo bergaya vintage pernah menjadi tren di Amerika Serikat pada tahun antara 1945-1955 dan sempat lama tenggelam. Dan akhir-akhir ini muncul kembali gaya vintage logo design dengan kualitas dan bentuk yang lebih menarik.

Selengkapnya →

4 Jurus Jitu Bagaimana Menarik Loyalitas Pelanggan! (Infografis)

4 Jurus Jitu Bagaimana Menarik Loyalitas Pelanggan! (Infografis)

Menarik loyalitas pelanggan? Mencari konsumen baru saja susahnya minta ampun! Konsumen lama jarang yang kembali kepada Anda? Padahal produk kita sudah bagus. Itulah beberapa permasalahan yang kadang dihadapi oleh freelancer. Membuat konsumen mencintai produk atau jasa yang kita tawarkan memang gampang-gampang susah. Tapi kalau kita sudah mendapatkannya, ternyata tidak sulit kok untuk menarik konsumen

Membuat konsumen mencintai produk atau jasa yang kita tawarkan memang gampang-gampang susah. Tapi kalau kita sudah mendapatkannya, ternyata tidak sulit untuk menarik konsumen lainnya agar ikut menjadi jajaran para konsumen loyal. Wow… mantap. Lalu bagaimana agar konsumen yang sudah membeli barang atau menggunakan jasa kita mau datang kembali? Yuk, mari simak beberapa tips berikut ini :

Selengkapnya →

Membuat toko online, yuk!

Membuat toko online, yuk!

Membuat toko online bagi pengusaha apalagi jika produksi sendiri merupakan keharusan jika tak ingin ditinggal oleh para pesaing. Bagi banyak orang, mempunyai usaha sendiri dengan keuntungan yang lumayan adalah impian tersendiri. Tapi, mempunyai toko pastinya memerlukan modal yang tidak sedikit bukan? Ah, pada post kali ini saya akan tunjukkan bagaimana mempunyai toko sendiri tanpa modal yang banyak.

Ya, jawabannya adalah dengan mempunyai toko online! Lalu apa saja keuntungan kita mempunyai toko online dibanding dengan jika kita mempunyai toko secara fisik? Ada banyak sekali, namun di sini saya akan menyampaikan beberapa yang paling mendasar.

Selengkapnya →

Alasan Mengapa Anda Memerlukan Website Untuk Usaha Anda

Alasan Mengapa Anda Memerlukan Website Untuk Usaha Anda

Mengapa Anda Memerlukan Website? Banyak perusahaan / usaha terutama yang masih baru menerapkan “operasi ramping”. Apa itu operasi ramping? Ya, mereka fokus pada kebutuhan dan hal-hal yang sifatnya mendesak. Hanya mengeluarkan uang ketika mereka perlu. Jadi masih banyak diantara mereka yang berpikir usaha tanpa adanya sebuah website saja sudah bisa jalan.

Mereka bahkan mungkin meyakini bahwa halaman facebook saja sudah cukup untuk mendukung kegiatan usaha mereka, dan menegaskan bahwa mereka sudah online. Yang penting informasi usaha dan nomer telpon sudah tepampang di facebook sudah oke lah untuk menunjang penjualan mereka. Tapi mereka tidak sadar, justeru salah satu yang paling utama untuk mempromosikan usaha Anda adalah membuat website yang profesional.

Website berfungsi sebagai portal sehingga pelanggan dapat dengan mudah mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda, profil usaha, produk, layanan dan segala sesuatu tentang usaha Anda sehingga mempengaruhi mereka dalam memutuskan apakah mereka ingin berbisnis dengan Anda atau tidak.

Selengkapnya →

Pin It on Pinterest