Menarik loyalitas pelanggan? Mencari konsumen baru saja susahnya minta ampun! Konsumen lama jarang yang kembali kepada Anda? Padahal produk kita sudah bagus. Itulah beberapa permasalahan yang kadang dihadapi oleh freelancer. Membuat konsumen mencintai produk atau jasa yang kita tawarkan memang gampang-gampang susah. Tapi kalau kita sudah mendapatkannya, ternyata tidak sulit kok untuk menarik konsumen

Membuat konsumen mencintai produk atau jasa yang kita tawarkan memang gampang-gampang susah. Tapi kalau kita sudah mendapatkannya, ternyata tidak sulit untuk menarik konsumen lainnya agar ikut menjadi jajaran para konsumen loyal. Wow… mantap. Lalu bagaimana agar konsumen yang sudah membeli barang atau menggunakan jasa kita mau datang kembali? Yuk, mari simak beberapa tips berikut ini :

4 jurus menarik loyalitas pelanggan

Bagaimana cara menarik loyalitas pelanggan?

  • Berikan Pelayanan Terbaik. Pembeli adalah raja, itu adalah ungkapan yang sudah dikenal oleh banyak orang. Sikap ramah dan bersahabat akan membuat konsumen merasa nyaman berinteraksi dengan kita. Sehingga akan membuat konsumen merasa dihargai dan dihormati. Bahkan, bisa jadi mereka menganggap kita(penjual) sebagai seorang sahabat. Berikan kesan yang baik agar membekas di hati konsumen.
  • Dengarkan Keluhan Konsumen. Kita harus mau mendengarkan setiap keluhan dari konsumen tentang produk kita. Kalau memang terjadi masalah dengan produk kita, janganlah mencari alasan untuk menutupinya. Tapi segera minta maaf dan cari solusi atas permasalahan tersebut. Jangan malah mematikan HP, pura-pura sibuk, ataupun menghindar tak jelas. Kalau memang benar sibuk, gunakanlah jasa Customer Service untuk menjawab setiap keluhan konsumen. Dengan begitu kepercayaan konsumen pada kita tidak akan memudar. Pastikan bahwa kepercayaan konsumen itu menjadi salah satu tujuan anda.
  • Berikan Hadiah atau Potongan Harga. Cobalah tawarkan bonus atau diskon pada pembelian kesekian, missal pembelian ke-10 akan mendapatkan diskon 10%. Atau berikan hadiah, karena hadiah kecil akan sangat berarti bagi konsumen.
  • Perhatian. Ternyata, banyak dari konsumen yang merasa senang ketika kita perhatian kepada mereka. Perhatian bisa kita tunjukkan dengan memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada mereka atau anggota keluarganya. Anda bisa meminta sedikit biodata pelanggan atau biodata keluarganya. Beberapa perusahaan besar juga melakukan cara ini dan mereka berhasil mempertahankan hati konsumen.

Silahkan praktikkan empat hal di atas. Semoga konsumen-konsumen yang loyal segera menghampiri Anda. Kalau anda punya pengalaman lain seputar menjaga loyalitas konsumen, boleh dibagikan di kolom komentar.

Pin It on Pinterest